PENINGKATAN MUTU DAN KOMPETENSI GURU

Jaspar Jas

Abstract


Berhasil atau tidaknya pendidikan terletak pada berbagai komponen dalam proses
pendidikan guru. Apakah LPTK berhasil mendidik para pada calon guru akan ditentukan
oleh berbagai komponen, salah satu komponen tersebut adalah kurikulum. Pertama,
Komitmen semua pihak, baik pemerintah, masyarakat, sekolah, orang tua, dan murid
sendiri, untuk bersama-sama meningkatka mutu pendidikan. Kedua, menimplementasikan
Manajemen Berbasis Sekolah (MBS) dalam rangka memberika otonomisasi kepada
sekolah secara penuh. Ketiga, mengangkat tenaga guru, karena saat ini Riau saja
kekurangan guru . Keempat, meningkatkan kualifikasi guru, di semua jenjang dan jenis
pendidikan, baik melalui penyetaraan pendidikan, maupun berupa diklat-diklat. Kelima,
menciptakan iklim dan suasana kompetitif dan kooperatif antar sekolah dalam rangka
meningkatkan mutu pendidikan sekolah masing-masing. Keenam, pengadaan inprastruktur
sekolah, terutama berkenaan dengan penyediaan sarana pembelajaran, seperti
laboratorium, pustaka, UKS, dan ruang belajar yang memadai. Ketujuh, membenahi
manajemen sekolah dan manajemen kelas, dan ini secara langsung akan berkaitan dengan
mutu pendidikan. Kedelapan, pemberdayaan secara maksimal keberadaan komite sekolah
sebagai mitra sekolah.

Keywords


Mutu, Kompetensi Guru

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.