ANALISIS MASALAH –MASALAH BELAJAR YANG DI ALAMI OLEH SISWA KELAS AKSELERASI DAN UNGGULAN DI SMP NEGERI KOTA DUMAI
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis masalah-masalah belajar
yang di alami oleh siswa kelas Akselerasi dan kelas Unggulan. Jenis penelitian ini adalah
penelitian deskriptif, alat pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner. Sampel
yang diambil menggunakan teknik sensus atau total sampel yaitu berjumlah 123 orang.
Data yang terkumpul di olah dengan analisa deskriptif dalam bentuk persentase. Hasil
penelitian menunjukkan bahwa masalah belajar yang di alami oleh siswa kelas Akseleraasi
dan Unggulan yang utama adalah Kebiasaan dan Sikap Belajar belum baik. Apabila dilihat
dari butir masalahnya, maka masalah yang paling dirasakan siswa akselerasi dalam 3
urutan utama adalah; tidak betah belajar selama priode waktu yang lama, dalam belajar
atau mengerjakan tugas tidak tahan lama melaksanakannya.Sedangkan 3 butir masalah
yang utama di alami oleh siswa kelas unggulan secara berurutan adalah; tidak mau
memberikan tanggapan sewaktu pelajaran berlangsung, catatan pelajaran tidak lengkap
serta buku-buku pelajaran sulit dimengerti.Secara keseluruhan siswa kelas unggulan lebih
tinggi rata-rata persentase masalahnya dibandingkan dengan kelas akselerasi. Artinya
siswa kelas unggulan lebih bermasalah dalam belajar dibanding dengan kelas Akselerasi.
yang di alami oleh siswa kelas Akselerasi dan kelas Unggulan. Jenis penelitian ini adalah
penelitian deskriptif, alat pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner. Sampel
yang diambil menggunakan teknik sensus atau total sampel yaitu berjumlah 123 orang.
Data yang terkumpul di olah dengan analisa deskriptif dalam bentuk persentase. Hasil
penelitian menunjukkan bahwa masalah belajar yang di alami oleh siswa kelas Akseleraasi
dan Unggulan yang utama adalah Kebiasaan dan Sikap Belajar belum baik. Apabila dilihat
dari butir masalahnya, maka masalah yang paling dirasakan siswa akselerasi dalam 3
urutan utama adalah; tidak betah belajar selama priode waktu yang lama, dalam belajar
atau mengerjakan tugas tidak tahan lama melaksanakannya.Sedangkan 3 butir masalah
yang utama di alami oleh siswa kelas unggulan secara berurutan adalah; tidak mau
memberikan tanggapan sewaktu pelajaran berlangsung, catatan pelajaran tidak lengkap
serta buku-buku pelajaran sulit dimengerti.Secara keseluruhan siswa kelas unggulan lebih
tinggi rata-rata persentase masalahnya dibandingkan dengan kelas akselerasi. Artinya
siswa kelas unggulan lebih bermasalah dalam belajar dibanding dengan kelas Akselerasi.
Keywords
kelas akselerasi, kelas unggulan, masalah belajar
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.