Hubungan Pendayagunaan Media Pembelajaran Mata Pelajaran Geografi dengan Hasil Belajar Siswa SMA Negeri Kota Pekanbaru TA. 2006/2007

Bedriati Ibrahim

Abstract


Penelitian bertujuan untuk mengetahui (a) untuk mengetahui sejauh mana kemampuan guru SMA Negeri dalam menggunakan media pembelajaran mata pelajaran geografi di Kota Pekanbaru, (b) untuk mengetahui sejauh mana hasil belajar siswa dalam pelajaran geografi, (c) untuk mengetahui sejauh mana hubungan antara penggunaan media pembelajaran mata pelajaran geografi oleh guru SMA Negeri Kota Pekanbaru terhadap hasil belajar siswa. Terdapat 54 guru geografi yang menjadi sampel di SMA Negeri di Kota Pekanbaru dimana 49 orang atau sekitar 91% yang mengembalikan angket dan sekitar 9% atau sebanyak 5 orang yang tidak mengembalikan angket. Dari hasil informasi yang tidak mengembalikan angket karena dua orang guru berhalangan hadir, dua orang guru sedang cuti dan satu orang lagi tidak hadir pada saat peneliti mengambil angket yang telah disebarkan sebelumnya. Sebagian besar guru mata pelajaran geografi telah menyiapkan media pembelajaran dalam proses belajar mengajar adalah sebesar 81,64%.

Guru-guru mata pelajaran geografi di SMA Negeri Kota Pekanbaru telah menggunakan media pembelajaran sebesar 71,43%. Sebagian besar guru-guru mata pelajaran geografi di SMA Negeri Kota Pekanbaru selalu menggunakan media pembelajaran cukup baik yakni sebesar 93,88%. Selain itu pula sebagian besar guru-guru kebanyakan menggunakan peta sebagai media pembelajaran yang efektif yakni sebesar 67,35%. Untuk menyatakan terjadinya hubungan antara kedua variabel X dan Y, maka diperlukan koefisien korelasi dengan menggunakan rumus product moment. Berdasarkan hasil perhitungan diperoleh harga r : 0,43 dengan taraf signifikasi 5% = 0,281 dan pada taraf  r1%=0,364. Hal itu berarti terdapat hubungan yang berarti antara penggunaan media pembelajaran pada mata pelajaran geografi oleh guru terhadap hasil belajar siswa pada SMA Negeri Pekanbaru selama tahun ajaran 2006/2007.


Keywords


Media Pembelajaran, Korelasi, Hasil Belajar

Refbacks

  • There are currently no refbacks.