Studi Perbandingan Motivasi Berprestasi Antara Mahasiswa Jurusan Pendidikan IPA Jurusan Penddikan IPS
Abstract
Penelitian ini mencoba mencari jawaban dari keresahan yang ditemui dalam proses pembelajaran dikelas, tentang motifasi berprestasi pada dua kelompok mahasiswa yaitu jurusan Pendidikan IPA dan Pendidikan IPS. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan motifasi berprestasi antara mahasiswa jurusan Pendidikan IPA dan Pendidikan IPS serta hasil belajarnya. Teknik analisa data yang dipakai adalah menggunakan uji t. Analisa dilakuan dengan sistim komputerisasi memakai program SPSS versi 11. Data diambil dari respon menggunakan teknik angket untuk menjaring skor motifasi berpestasi, serta teknik dokumentasi untuk mendapatkan hasil belajar. Hasil penelitian ini menggunakan rata-rata skor motifasi berprestasi mahasiswa jurusan Pendidikan IPA lebih tinggi dibandingkan dengan jurusan Pendidikan IPS. Sedangkan hasil hipotesis membuktikan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan skor motofasi berprestasi antara mahasiswa jurusan Pendidikan IPA dengan Pendidikan IPS. Begitu juga prestasi belajar yang mereka peroleh menjukuan perbedaan.
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)Refbacks
- There are currently no refbacks.