PELUANG MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA DARI PRAKSIS STRATEGI ACTIVE DEBATE PADA PEMBELAJARAN PKn SD
Abstract
Tulisan ini bermaksud mengulas peluang meningkatkan segi aktivitas belajar bagi peserta didik dari praksis strategi active debate dalam ranah pembelajaran PKn di SD. Hal ini dengan tujuan memberi wawasan kepada warga bangsa (khususnya yang berkiprah di dunia pendidikan dalam pembelajaran PKn di SD) untuk: memahami hakikat strategi active debate; memahami tahapan implementasi strategi active debate di dalam ranah pembelajaran PKn SD; dan mengetahui praksis implementasi strategi active debate pada ranah pembelajaran PKn di SD dalam usaha meningkatkan aktivitas belajar peserta didik. Pada tataran praksis, selanjutnya, diharapkan insan pendidikan dapat menerapkan pengetahuan yang diperoleh sebagai acuan pendidikan dan pedoman dalam melakukan kegiatan pembelajaran PKn SD. Disarankan kepada insan pendidikan untuk pentingnya menyadari bahwa strategi active debate dapat dijadikan sebagai salah satu alternatif variasi di dalam penyelenggaraan pembelajaran PKn. Sebab, strategi active debate tersebut bisa diharapkan membuka peluang meningkatkan sisi aktivitas dan sekaligus hasil belajar para peserta didik.
Keywords
strategi active debate, pembelajaran PKn SD, aktivitas belajar
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.