ANALISIS KONSEP DAN IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013

Siti Osa Kosassy

Abstract


Tulisan ini bermaksud menjelaskan analisis konsep dan implementasi Kurikulum 2013 (K-13). Indonesia sudah beberapa kali mengalami perubahan kurikulum. Kurikulum pertama Indonesia adalah Rencana Pelajaran 1947. Ketika itu istilah kurikulum belum digunakan. Kemudian Rencana Pelajaran 1947 ini dirubah menjadi Rencana Pelajaran 1950. Selanjutnya diganti dengan Rencana Pelajaran 1958. Setelah itu rencana pelajaran ini diganti menjadi Rencana Pelajaran 1964. Setelah itu rencana pelajaran ini diganti menjadi Kurikulum 1968. Sejak inilah istilah rencana pelajaran yang sudah digunakan selama bertahun-tahun berganti menjadi kurikulum. Kemudian kurikulum ini dirubah menjadi Kurikulum 1975. Selanjutnya Kurikulum 1984, Kurikulum 1994, Kurikulum Berbasis Kompetensi (KBK), Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) 2016 dan terakhir Kurikulum 2013. Perubahan atas dasar ini didukung oleh teori pengembangan kurikulum bahwa kemajuan di bidang ilmu pengetahuan dan teknologi memberikan dampak terhadap sistem pengajaran, sehingga pembelajaran mengalihkan pendekatan-nya dari pendekatan tradisional ke pendekatan mutakhir. Kurikulum 2013 ini dilaksana-kan oleh beberapa sekolah yang ditunjuk oleh pemerintah atau disebut juga dengan “sekolah piloting” di seluruh Indonesia berdasarkan SK Nomor: 374/KEP/D/KR/2016 tanggal 11 Juli 2016.

Keywords


konsep, implementasi, Kurikulum 2013

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.