MENINGKATKAN KETERAMPILAN SOSIAL MELALUI KEGIATAN BERMAIN PERAN DAN LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK

Suhartiwi Suhartiwi

Abstract


Penelitian ini berdasarkan gejala yang terjadi di sekolah Taman Kanak-kanak (TK) Surya Bahari, di mana keterampilan sosial siswa sangat rendah. Permasalahan dalam penelitian ini, apakah kegiatan bermain peran (role playing) dan layanan bimbingan kelompok dapat meningkatkan keterampilan sosial siswa Kelompok B TK Surya Bahari. Sedangkan manfaat dari penelitian ini adalah diharapkan kegiatan bermain peran dan layanan bimbingan kelompok anak dapat terkembang sesuai dengan potensi siswa sehingga dapat meningkatkan keterampilan sosial anak yang masih rendah. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan melalui siklus I dan siklus II. Namun sebelum masuk ke siklus I, peneliti menjajagi kondisi awal keterampilan sosial siswa, dan mendapatkan 20 anak masih rendah keterampilan sosialnya. Metode pengumpulan data dengan pedoman observasi model chek list dengan pernyataan sebanyak 15 item yang digunakan untuk mengamati kemajuan keterampilan sosial siswa. Sedangkan teknik analisis data menggunakan statistik deskriptif. Setelah diberikan siklus I, keterampilan sosial siswa meningkat menjadi 48,1 dan meningkat lagi setelah diberikan siklus II menjadi skor 64,1 dalam kategori tinggi. Dapat disimpulkan bahwa kegiatan bermain peran dan layanan bimbingan kelompok dapat digunakan untuk meningkatkan keterampilan sosial siswa.

Keywords


keterampilan sosial, bermain peran, layanan bimbingan kelompok

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.