MENINGKATKAN PEMAHAMAN SISWA TENTANG KONSEP HAK ANAK DI RUMAH DAN DI SEKOLAH DENGAN MEDIA GAMBAR KELAS I SD NEGERI 138 PEKANBARU

DELILAWATI DELILAWATI

Abstract


Penelitian ini untuk meningkatkan kemampuan pemahaman pada siswa kelas I SD Negeri 138 Pekanbaru tentang konsep hak dan kewajiban seorang anak dengan menggunakan media kartu gambar. Variabel yang menjadi sasaran perubahan dalam penelitian ini adalah kemampuan pemahaman anak, sedangkan variabel tindakan yang digunakan dalam penelitian ini adalah media kartu gambar. Bentuk penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas sebanyak 2 siklus. Setiap siklus terdiri dari 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Sebagai teknik sampling adalah siswa kelas I/b SD Negeri 138 Pekanbaru yang berjumlah 37 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, pencatatan arsip, dokumentasi, tes dan perekaman. Teknik analisis data yang digunakan adalah model analisis interaktif yang mempunyai tiga buah komponen yaitu reduksi data, sajian data, dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa ada peningkatan kemampuan pemahaman setelah diadakan tindakan kelas dengan menggunakan media kartu gambar. Hal itu dapat ditunjukkan dengan meningkatnya kemampuan siswa dari sebelum dan sesudah tindakan. Peningkatan kemampuan berhitung tersebut dapat dibuktikan dengan meningkatnya nilai kemampuan pemahaman siswa pada setiap siklusnya, yaitu: pra siklus rata-rata 68,42 atau 35,13%, sedangkan siklus I ketuntasan siswa rata-rata 74,47 atau 62,16%. Pada tindakan siklus II ketuntasan siswa yang diperoleh adalah rata-rata 78,42 atau 83,78%. Dengan demikian dapat diajukan suatu rekomendasi bahwa pembelajaran hak dan kewajiban anak di rumah dan di sekolah dengan media kartu gambar dapat meningkatkan kemampuan pada siswa kelas I SD Negeri 138 Pekanbaru.

Keywords


pemahaman, hak anak, di sekolah, di rumah, media kartu gambar.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.