PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPS DENGAN MENGGUNAKAN METODE PROBLEM SOLVING PADA SISWA KELAS VII1 SMP NEGERI 1 MEMPURA TAHUN AJARAN 2016 – 2017

Praftiah Praftiah

Abstract


Tujuan Penelitian ini adalah Untuk mengetahui hasil belajar IPS siswa SMP N 1 Mempura melalui penerapan Problem Solving dan Mendapatkan bukti-bukti bahwa penerapan Problem Solving dapat meningkatkan hasil belajar IPS siswa SMP N 1 Mempura. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan hipotesis tindakannya adalah melalui penerapan Problem Solving dapat meningkatkan hasil belajar IPS siswa kelas VII.1. Data dikumpulkan melalui lembaran observasi yang di gunakan untuk melihat perubahan hasil belajar siswa dengan menggunakan media gambar dari siklus I ke siklus II dan ke siklus III. Hasil penelitian ini  adalah Penggunaan metodei Problem Solving dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VII1 pada mata pelajaran Ilmu pengetahuan Sosial di SMPN 1 Mempura Kecamatan Mempura Kabupaten Siak.

Full Text:

PDF

References


Bowell, T & Kemp, G. (2002).Critical Thinking: a Concis guide. London: Roudledge.

Cece Wijaya. (1995). Pendidikan Remidial. Bandung: Remaja Rosdakarya. Dimyati & Mudjiono. (2009). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Etin Solihatin. (2009). Cooperatif Learning Analisis Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (terjemahan). Bandung: MLC. Kemp, E. Jerrold. (1994). Pross Perencanaan Pengajaran. ITB.

Martinis Yamin. (2009). Taktik Mengembangkan Kemampuan Individual Siswa. Jakarta: GP Press.

Milles, Mattthew B & A Michael, Huberman.(1992). Analisis Data Kualitatif Buku Tentang Metode-Metode Baru; penerjemah, Tjerjep Rohidi. Jakarta: UI Press.

Numan Somantri, M. (2001). Menggagas Pembaharuan IPS. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Ngalim Purwanto. (1994). Prinsip-Prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Sardiman. (2006). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta:Raja Grafindo Persada.

Savage, Tom V & Armstrong, David G. (1996). Effective Teaching In Elementary Social Studies. New Jarsey: Prentice-Hall.

Sugiyono. (2007). Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sumadi Suryabrata. (2002). Psikologi Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo Persada. Supardi. 2011. Dasar-Dasar Ilmu Sosial. Yogyakarta: Ombak.

Suryosubroto. (2002). Proses Belajar Mengajar di Sekolah. Jakarta: Rineka Cipta.

Suwarsih Madya. (2007). Teori dan Praktek Penelitian Tindakan. Bandung: Alfabeta

Syaiful Bahri Djamarah. (2006). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Asdi Mahasatya.

Trianto. (2009). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Jakarta: Kencana.

---------. (2010). Model Pembelajaran Terpadu. Jakarta: Bumi Aksara.

Wina Sanjaya. (2005). Pembelajaran Dalam Implementasi Kurikulum Berbasis Kompetensi. Jakarta: Kencana.

Zainal Aqib. (2009). Penelitian Tindakan Kelas. Bandung:Rama Widya.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.