PENINGKATAN KEMAMPUAN LISTENING SISWA MELALUI MEDIA AUDIO-VISUAL BAGI SISWA SMP N 1 MEMPURA KELAS IX.5 DENGAN MENGGUNAKAN DVD (DIGITAL VIDEO DISC) TAHUN AJARAN 2017/2018

Novi Gustina

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah  Meningkatkan kemampuan mendengarkan dalam bahasa inggris bagi siswa  kelas IX.5 SMPN  1 Mempura melalaui media Audio-Visual. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan hipotesis tindakannya adalah dengan penggunaan  media Audio-Visual dapat Meningkatkan kemampuan mendengarkan dalam bahasa inggris bagi siswa  kelas IX.5 SMPN  1 Mempura. Data dikumpulkan melalui lembaran observasi yang di gunakan untuk melihat perubahan  kemampuan mendengarkan dalam bahasa inggris bagi siswa  kelas IX.5 SMPN  1 Mempura dari siklus I ke siklus II.  Hasil penelitian ini  adalah terjadi peningkatan Kemampuan mendengarkan siswa kelas IX.5 SMP N 1 Mempura   melalui Audio-Visual dari siklus I ke siklus II sebesar 36,33%.

Keywords


Penggunaan, Media Audio-Visual, Kemampuan Mendengarkan

Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi; Suhardjono; Supardi. 2006. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Badan Standar Nasional Pendidikan. 2007. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 41 Tahun 2007. Jakarta: BSNP.

Dahar, Ratna Wilis. 1989. Teori-Teori Belajar. Jakarta: Penerbit Erlangga.

Dimyati dan Mudjiono. 2001. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Dirjen Dikti.

Djamarah, Syaful Bahri. 2002. Prestasi Belajar dan Kompetensi Guru. Surabaya: Usaha Nasional.

Fernandes, H.J.X. 1984. Testing and Measurement. Jakarta. National Education Planning, Evaluation and Curriculum Development.

Inten, I Gede. 2004. Pengaruh Model Pembelajaran dan Pengetahuan Awal Siswa Terhadap Prestasi Belajar PKn dan Sejarah pada Siswa Kelas II di SMU Laboratorium IKIP Negeri Singaraja. Tesis. Program Pascasarjana IKIP Negeri Singaraja.

Miles, Matthew, B. Dan A. Michael Hubberman. 1992. Analisis Data Kualitatif. Terjemahan Tjetjep Roheadi Rohidi. Jakarta: Penerbit Universitas Indonesia.

Puger, I Gusti Ngurah. 2004. Belajar Kooperatif. Diktat Perkuliahan Mahasiswa Unipas.

Prayogo dan Silviana, A. (2010). Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar Matematika Siswa dengan Pembelajaran Aktif Menggunakan Strategi Group to Group Exchange Melalui Bantuan Tutor Sebaya di Kelas X SMA Muhammadiyah 5 Karanggeneng Lamongan. Jurnal Semnas. Pendidikan Matematika dan Statistika UNIPA. Surabaya.

Sardiman, A.M. 2012. Interaksi dan Motivasi Belajar-Mengajar Pedoman bagi Guru dan Calon Guru. Jakarta: Rajawali Pers.

Sutari, dkk. 1997. Menyimak Bersama. Jakarta: Gramedia

Tarigan, H. G. 2003. Menyimak Sebagai Keterampilan. Bandung: PT Angkasa

Abdul. 2002. http://www.scribd.com/doc/9037208/


Refbacks

  • There are currently no refbacks.