IMPLEMENTASI METODE MIND MAPPING DALAM PEMBELAJARAN ASPEK WRITING DAPAT MENARIK MINAT SISWA TERHADAP MATA PELAJARAN BAHASA INGGRIS PADA SISWA KELAS IX.4
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah Untuk mengetahui keberhasilan implementasi metode mind mapping dalam pembelajaran aspek writing untuk menarik minat siswa terhadap mata pelajaran Bahasa Inggris pada siswa kelas IX.4 SMPN 1 Mempura Tahun Ajaran 2017/2018. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan hipotesis tindakannya adalah dengan metode mind mapping dapat menarik minat belajar Bahasa Inggris siswa pada aspek writing. Data dikumpulkan melalui lembaran observasi yang di gunakan untuk melihat perubahan minat siswa terhadap mata pelajaran Bahasa Inggris pada aspek writing dengan metode mind mapping dari siklus I ke siklus II. Hasil penelitian ini adalah Dengan menggunakan metode mind mapping dapat meningkatkan hasil belajar pembelajaran aspek writing siswa kelas IX.4 SMPN 1 Mempura Semester Ganjil Tahun Ajaran 2017/2018.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Agustien, Helena IR. (2006) Kurikulum Bahasa Inggris SMP 2006 . Yogyakarta : Jogja English Teachers Association.
BSNP. (2006). SK dan KD Bahasa Inggris – SMP, dilengkapi : SKL. Jakarta : BSNP.
Depdiknas. (2006). Panduan Pengembangan Silabus Mata Pelajaran BAHASA INGGRIS SMP. Jakarta : Depdiknas Dirjen Manajemen Dikdasmen Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Pertama.
Depdiknas. (2006). Panduan Pengembangan RPP Mata Pelajaran BAHASA INGGRIS SMP . Jakarta : Depdiknas Dirjen Menejemen Dikdasmen Direktorat Pembinaan SMP.
Depdiknas. (2004) Materi Pelatihan Terintegrasi BAHASA INGGRIS Buku 1. Jakarta : Depdiknas Dirjen Dikdasmen Direktorat Pendidikan Lamjutan Pertama.
Depdiknas. (2007) Buku Saku KTSP – SMP. Jakarta : Depdiknas Dirjen Menejemen Dikdasmen Direktorat Pembinaan SMP.
Endang K Haris dkk. (1997). English Students Workshop – SLTP Class 1. Bandung : PT Remaja Rosda Karya.
Indrotomo dkk. (2004) English On Sky 1 for Junior High School Students. Jakarta : Erlangga.
Iskandarwassid (2013). Strategi Pembelajaran Bahasa. Bandung: PT Remaja.
Joko Siswanto dkk. (2005) Let’s Talk Grade VII for Junior High School (SMP / MTs). Bandung : Pakar Raya.
Kasihani, KE Suyanto dkk. (2005) English In Context 1- untuk SMP Kelas !. Jakarta : Bumi Aksara.
Logis. 2003. Buku Ajar Bahasa Inggris Kelas IX Semester 1. Solo : Pustaka Aditama.
Neuroscience Super Learning. (2006) Neuroscience Super Learning Progam BAHASA INGGRIS Tahap 1. Yogyakarta : Pelatihan Peningkatan Mutu dan Profeionalisme guru Bahasa Inggris DIY.
Syamsi Kastam. (2006/2007). Penyusunan Proposal dan Laporan PTK. FBS UNY.
Singgih St (1998). Rangkumam Evaluasi Proses dan Hasil Belajar Mengajar. Yogyakarta : Penataran Guru SLTP se DIY 12 Desember 1998
http://idtesis.com/pengertian-kemampuan/
http : // www.duniaguru.com/index.php Hernowo (2007) ”Brain-Based Writing”
http : //www.film pendek.org/Category-29/463-Peta-Pikiran-Mind-Mapping,html
http://en.wikipedia.org/wiki/Mind_map
Refbacks
- There are currently no refbacks.