ANALISIS KOMPETENSI PROFESIONAL GURU BIMBINGAN DAN KONSELING DI SEKOLAH

Tri Umari, Elni Yakub

Abstract


Penelitian ini mengenai analisis kompetensi profesional guru bimbingan dan konseling disekolah. Kompetensi yang akan diteliti adalah kompetensi profesional guru bimbingan dan konseling di sekolah yang mengacu pada Standar Kompetensi berdasarkan Permendiknas RI No. 27 tahun 2008 tentang Standar Kualifikasi Akademik dan Kompetensi Konselor. Penelitian bertujuan untuk mengetahui: 1) gambaran umum kompetensi guru BK di sekolah, 2) kompetensi guru BK dalam pengumpulan data (asesmen BK), 3) kompetensi guru BK dalam menyusun program BK di sekolah, 4)  kompetensi guru BK dalam melaksanakan layanan BK di sekolah, 5) kompetensi guru BK dalam penilaian pelaksanaan layanan BK di sekolah, 6) kompetensi guru BK dalam melaksanakan etika profesi BK di sekolah, 7) kompetensi guru BK dalam melaksanakan penelitian BK.  Penelitian ini menggunakan metode deskriptif, data yang dikumpulkan  adalah tentang kompetensi profesional guru BK di sekolah melalui instrumen skala kompetensi. Hasil penelitian ini mengungkap bahwa hanya separuh dari guru BK di sekolah yang memiliki kompetensi profesional sesuai dengan yang diharapkan, baik dalam pengumpulan data, penyusunan program BK di sekolah, melaksanakan layanan BK, penilaian pelaksanaan BK, melaksanakan etika profesional BK, dan dalam melaksanakan penelitian. Berdasarkan temuan penelitian ini, maka peneliti menyarankan pada Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Propinsi Riau agar memberi kesempatan pada guru-guru BK di sekolah untuk mengikuti pelatihan-pelatihan tentang bimbingan dan konseling di sekolah

Keywords


Kompetensi, Profesional, Guru BK

Full Text:

PDF

References


Anisa Sulistiowati, 2012.Problematika Kompetensi Konselor di SMA se Kabupaten Sleman Yogjakarta (Thesis Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Yogjakarta)

Buku” Pedoman Praktek Lapangan Bimbingan Konseling di Sekolah, Program Studi Bimbingan Dan Konseling, tahun , FKIP UR, tahun 2012.

Permendiknas nomor 27 tahun 2008 tentang” Standar Standar Kualifikasi Akademik dan Kompetensi Konselor.

Kurukulum Nasional Bidang Ilmu Bimbingan Konseling tahun 2002

Syamsu Yusuf, 2009. Pengantar Bimbingan Konseling, Jakarta: Rineka Cipta.

Juntika, 2007. Bimbingan Konseling Komprehensif, Jakarta: Raja Grafindo.

Prayitno, 2005. Dasar-Dasar BK, Jakarta: Rineka Cipta.

Tohirin, 2007. Bimbingan Konseling di Seklolah, Jakarta: Gramedia pustaka Utama.

Sukamto, 2004. Dasar-Dasar Standardisasi Profesi Konseling, Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.