PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN TALKING STICK UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR PKN SISWA KELAS XII SMA NEGERI 5 PEKANBARU TAHUN AJARAN 2015-2016

Emyati Emyati

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar PKn Siswa di kelas XII SMA Negeri 5 Pekanbaru Tahun Ajaran 20015-20016. Sebagai subjek dalam penelitian ini adalah kelas XII SMA Negeri 5 Pekanbaru Tahun Ajaran 20015-20016 yang berjumlah sebanyak 44 siswa. Variabel yang diukur adalah Penggunaan Model  Pembelajaran Talking Stick, motivasi belajar siswa yang diperoleh melalui lembar observasi aktivitas guru, observasi aktivitas siswa dan motivasi belajar siswa. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, ditemui adanya peningkatan prestasi belajar PKn siswa dari motivasi belajar yang didapatkan siswa, dengan menggunakan Penggunaan Model  Pembelajaran Talking Stick yang dilaksanakan 2 siklus, pada siklus I motivasi belajar siswa mencapai nilai rata-rata 70% sedangkan pada siklus II nilai rata-rata 83%. Kondisi ini menunjukkan bahwa Penggunaan Model  Pembelajaran Talking Stick dapat meningkatkan motivasi belajar PKn siswa kelas XII SMA Negeri 5 Pekanbaru Tahun Ajaran 2015-2016.

Keywords


Model Pembelajaran, Talking Stick dan Motivasi Belajar

Full Text:

PDF

References


Dimyati dan Mudjiono. 2002. Belajar dan Pembelajaran, Jakarta: Rineka Cipta.

Gimin, (2008). Instrumen dan pelaporan hasil dalam penelitian tindakan kelas, pekanbaru: pelatihan pelaksanaan dan pelapran PTK

Oemar Hamalik, 2000. Http.fungsi motivasi.com

Sardiman 2004. (http Fungsi-Fungsi Motivasi Belajar.)

Slavin, Robert E. 2009. Cooperative learning Teori, Riset dan Praktis. Bandung: Nusa Media.

Syaiful Bahri Djamarah, 2002 (http.motivasi.com)


Refbacks

  • There are currently no refbacks.