STRATEGI PETA KONSEP UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA SD PADA PEMBELAJARAN PKn

HENDRIZAL HENDRIZAL, AISYAH ANGGRAENI

Abstract


Tulisan ini bermaksud mengulas urgensi penerapan strategi peta konsep pada
pembelajaran PKn SD untuk meningkatkan minat belajar siswa. Hal ini dengan tujuan
memberi wawasan kepada warga bangsa (khususnya yang berkiprah di dunia
pendidikan dalam pembelajaran PKn SD) untuk: memahami hakikat strategi peta
konsep; memahami tahapan implementasi strategi peta konsep dalam pembelajaran PKn
SD; dan mengetahui peluang implementasi strategi peta konsep pada pembelajaran PKn
SD dalam meningkatkan minat belajar siswa. Pada tataran praksis, selanjutnya,
diharapkan insan pendidikan dapat menerapkan pengetahuan yang diperoleh sebagai
acuan pendidikan dan pedoman dalam melakukan kegiatan pembelajaran PKn SD.
Disarankan kepada insan pendidikan untuk pentingnya menyadari bahwa strategi peta
konsep dapat dijadikan salah satu alternatif variasi dalam pelaksanaan pembelajaran
PKn. Sebab, strategi peta konsep tersebut bisa diharapkan membuka peluang
meningkatkan minat dan sekaligus hasil belajar siswa.


Keywords


strategi peta konsep, pembelajaran PKn SD, minat belajar.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.