PENERAPAN METODE POSTER COMMENT UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PPKn KELAS X SMAN 5 PEKANBARU

ELMIDA ELMIDA

Abstract


Penelitian ini merupakan penerapan metode poster comment dengan menggunakan
metode pembelajaran yang tepat akan meningkatkan hasil belajar siswa. Tujuan
penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar mata pelajaran PPKn pada
siswa kelas X MIPA 5 SMAN 5 Pekanbaru melalui penerapan metode poster comment.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Penelitian ini menggunakan dua
siklus. Setiap siklusnya terdapat 4 tahapan, yaitu perencanaan, tindakan, observasi,
dan refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X MIPA 5 SMAN 5
Pekanbaru yang berjumlah 17 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan
adalah observasi, tes, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang
digunakan adalah analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persentase
pelaksanaan metode poster comment pada aktivitas guru pra siklus adalah 90%
meningkat pada siklus I dan siklus II menjadi 100% dikategorikan sangat baik.
Sedangkan persentase pelaksanaan metode poster comment pada aktivitas siswa pra
siklus adalah 40% berada pada kategori kurang baik meningkat menjadi 56,25% pada
siklus I masih dikategorikan kurang baik. Namun pada siklus II meningkat menjadi
87,50% dan dikategorikan sangat baik. Hasil belajar PPKn siswa kelas X sebelum
diterapkan metode poster comment adalah 35,29%, tidak mencapai target indikator
kinerja yang diharapkan. Setelah diterapkan metode poster comment, hasil belajar
siswa pada mata pelajaran PPKn di siklus I meningkat menjadi 64,71%, namun belum
mencapai target indikator kinerja yang diharapkan. Pada siklus II, hasil belajar siswa
pada mata pelajaran PPKn meningkat menjadi 88,24%, dapat dikatakan tuntas dengan
sangat baik dan mencapai target indikator kinerja, yaitu 75%.


Keywords


hasil belajar, PPKn, metode poster comment.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.