PENGGUNAAN MODEL DAN KONSEP PEMBELAJARAN TEKNIK “MIKiR” UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR PENGANTAR ILMU HUKUM DI PROGRAM STUDI PPKn FKIP UNRI

SEPAREN SEPAREN

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan, mengetahui dan mendeskripsikan motivasi
belajar mahasiswa dalam mata kuliah Pengantar Ilmu Hukum pada Program Studi PPKn
FKIP UNRI dengan menggunakan model dan konsep pembelajaran “MIKiR”. Subjek
penelitian ialah mahasiswa/i semester I yang berjumlah 65 orang, terdiri dari 9 orang
laki-laki dan 56 orang perempuan. Proses perbaikan pembelajaran ini dilaksanakan
sebanyak 2 siklus yang dinilai oleh observer. Sedangkan jenis dan teknik pengumpulan
data sebagai berikut: data aktivitas dosen, mahasiswa dan tingkat motivasi belajar
dikumpulkan melalui lembaran observasi. Setelah data terkumpul, selanjutnya
dikelompokkan, baru dianalisis berdasarkan metode deskriptif dimana data yang
diperoleh diberi penjelasan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model dan
konsep pembelajaran “MIKiR” dapat meningkatkan motivasi belajar. Disimpulkan
bahwa hipotesis tindakan yang menyatakan penggunaan model dan konsep
pembelajaran “MIKiR” dapat meningkatkan motivasi belajar pada mata kuliah
Pengantar Ilmu Hukum di Prodi PPKn UNRI dapat diterima


Keywords


motivasi belajar, konsep pembelajaran “MIKiR”.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.