PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN JIGSAW UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR HUKUM ACARA PERDATA MAHASISWA PPKn FKIP UNIVERSITAS RIAU

INDRA PRIMAHARDANI

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan, mengetahui dan mendeskripsikan minat
belajar mata kuliah Hukum Acara Perdata di Prodi PPKn dengan menggunakan model
pembelajaran kooperatif tipe jigsaw. Subjek penelitian adalah mahasiswa semester V
yang berjumlah 35 orang. Proses perbaikan pembelajaran ini dilaksanakan sebanyak dua
siklus yang dinilai oleh observer. Sedangkan jenis data adalah data aktivitas dosen,
mahasiswa dan minat belajar dikumpulkan melalui lembaran observasi. Setelah data
terkumpul, selanjutnya dikelompokkan, baru dianalisis berdasarkan metode deskriptif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe
jigsaw dapat meningkatkan minat belajar mata kuliah Hukum Acara Perdata di Prodi
PPKn FKIP Universitas Riau.


Keywords


model pembelajaran Jigsaw, minat belajar, mahasiswa

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.