PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD DALAM MENINGKATKAN PARTISIPASI AKTIF DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PKn KELAS VII.1 DI SMP NEGERI 25 PEKANBARU

DESMARNI DESMARNI

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan partisipasi aktif dan hasil belajar
siswa kelas VII.1 di SMP Negeri 25 Pekanbaru dengan menggunakan metode
pembelajaran kooperatif tipe STAD dalam proses belajar mengajar mata pelajaran
Pendidikan Kewarganegaran (PKn). Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas
(classroom action research). Subjek penelitian ini siswa kelas VII.1 di SMP Negeri 25
Pekanbaru yang mana partisipasi aktif dan hasil belajarnya dalam mata pelajaran PKn
masih rendah atau kurang dari 75 sesuai dengan Standar Ketuntasan Belajar Minimal
(SKBM). Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah
observasi, tes dan dokumentasi. Untuk menganalisis data dari hasil lembar observasi
partisipasi aktif dan nilai rata-rata kelas menggunakan statistik deskriptif. Pada siklus I
siswa yang melakukan partisipasi aktif mencapai kriteria sedang sebanyak 20 siswa, di
mana skor yang diperoleh masih di bawah 70. Sedangkan yang mencapai kriteria baik
16 siswa sudah mendapat skor minimal 70. Pada siklus II yang mencapai kriteria sedang
hanya 12 orang, dan yang mendapat kriteria baik 24 orang. Dari data tersebut bisa
dilihat adanya peningkatan, di mana pada siklus I yang mendapat kriteria sedang dari 20
menurun menjadi 12 siswa pada siklus II, sedangkan yang mendapat kriteria baik dari
siklus I sebanyak 16 siswa, naik menjadi 24 siswa. Dapat dikatakan partisipasi aktif
siswa meningkat karena sudah memenuhi kriteria yang telah ditentukan, di mana yang
mengikuti partisipasi aktif minimal 23 siswa dengan memperoleh skor minimal 70.
Peningkatan hasil belajar siswa dalam mata pelajaran PKn dari tahap siklus I rata-rata
yang diperoleh 74,09 naik menjadi rata-rata 81,96 pada tahap siklus II; artinya, terjadi
peningkatan rata-rata 7,87 dari siklus I ke siklus II. Hal ini menunjukkan perolehan nilai
siswa rata-rata dari siklus I (74,09) meningkat cukup signifikan pada siklus II dengan
nilai rata-rata 81,96.


Keywords


PKn, STAD, partisipasi aktif, hasil belajar

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.