MENEGASKAN MANUSIA SEBAGAI OBJEK DAN SUBJEK ILMU PENDIDIKAN

AISYAH ANGGRAENI

Abstract


Tulisan ini bermaksud mengulas aspek manusia sebagai objek dan subjek ilmu pen- didikan. Hal ini dengan tujuan memberi wawasan kepada warga bangsa (khususnya yang berkiprah di dunia pendidikan) dalam hal: memahami hakikat manusia yang menjadi objek pendidikan; memahami hakikat manusia yang menjadi objek dan sekaligus subjek pendidikan; dan memahami proses pendidikan yang seharusnya dilakukan setelah memahami hakikat manusia yang menjadi objek dan sekaligus subjek pendidikan. Melalui penyelidikan tulisan ini, diketahui bahwa sebetulnya ada pema- haman yang perlu dirombak. Umumnya selama ini dikatakan, manusia adalah objek pendidikan. Hal itu kurang tepat. Sejatinya, manusia juga merupakan subjek pendidikan, selain menjadi objek pendidikan itu sendiri. Sebagai objek pendidikan, manusia khususnya anak-anak menjadi sasaran untuk melaksanakan proses pendidikan. Sedang- kan sebagai subjek pendidikan, manusia bertanggung jawab menyelenggarakan pen- didikan. Setiap manusia harus mendapatkan pendidikan yang menyentuh dimensi dasar kemanusiaan. Melalui pendidikan akan dihasilkan manusia-manusia yang mempunyai nilai moral bagus. Mendidik manusia bermaksud mendidik insaniah manusianya. Insaniah manusia terdiri dari empat elemen, yaitu akal, roh atau hati, nafsu dan fisikal atau jasmani. Keempat-empat elemen inilah yang perlu dididik dan dibangunkan. Demikianlah proses pendidikan itu seharusnya dilakukan.


Keywords


manusia, objek, subjek, proses pendidikan

Full Text:

PDF

References


Abbas, Hamami M. 1976. Filsafat (Su- atu Pengantar Logika Formal- Filsafat Pengatahuan). Y ogya- karta: Yayasan Pembinaan Fakul- tas Filsafat UGM.

Ananda, Azwar & Hendrizal. 2018.

Perbandingan Sistem Pendidikan Antarnegara. Padang: LPPM Universitas Bung Hatta.

Ananda, Azwar. 2016. Landasan Ilmiah Ilmu Pendidikan. Jakarta: Ken- cana.

Anggraeni, Aisyah & Hendrizal. 2018. “Pengaruh Penggunaan Gadget terhadap Kehidupan Sosial Para Siswa SMA”. Jurnal PPKn & Hukum, V olume 13, Nomor 1, April 2018, halaman 64-76, ISSN: 1907-5901, terbitan Pro- gram Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) FKIP Universitas Riau (Unri), Pekanbaru; URL: https://ejournal. unri.ac.id/index.php/JPB/article/v iew/5149/4827.

Anggraeni, Aisyah. 2019. “Urgensi Pe- nerapan Pendekatan Konstruk- tivisme pada Pembelajaran PKn SD untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa.” Jurnal PPKn & Hukum, V olume 14, Nomor 2, Oktober 2019, halaman 18-37, ISSN: 1907-5901, terbitan Pro- gram Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn)Universitas Riau (Unri), Pe-

kanbaru.

Bahm, Archi J. 1980. What is Science?

New Mexico: Al-Buquerque. Connor. 1957. An Introduction to the Philosophy of Education. Lon-

don: RKP.

Dewey, John. 1966. Democracy and

Education. New York: A Divi- sion of MacMillan Publishing Co., Inc.

Hasbullah. 2008. Dasar-dasar Ilmu Pendidikan. Jakarta: RajaGrafin- do Persada.

Hendrizal & Aisyah Anggraeni. 2019. “Strategi Peta Konsep untuk Me- ningkatkan Minat Belajar Siswa SD pada Pembelajaran PKn”. Jurnal PPKn & Hukum, Volume 14, Nomor 1, April 2019, hala- man 13-33, ISSN: 1907-5901, terbitan Program Studi Pendidi- kan Pancasila dan Kewarganega- raan (PPKn) FKIP Universitas Riau (Unri), Pekanbaru; URL: https://ejournal.unri.ac.id/index.p hp/JPB/article/view/7780/6741.

Hendrizal. 2015. “Menelisik Implikasi Perkembangan Kognitif dan So- sioemosional dalam Pembelaja- ran”. Jurnal PPKn & Hukum, Vo- lume 10, Nomor 2, Oktober 2015, halaman 18-35, ISSN: 1907- 5901, terbitan Program Studi Pen- didikan Pancasila dan Kewarga- negaraan (PPKn) FKIP Universi- tas Riau (Unri), Pekanbaru; URL: http://ejournal.unri.ac.id/index.ph p/JPB/article/download/3647/355 3.

Hendrizal. 2015. Kajian Psikologi Pen- didikan dalam Pembelajaran. Pa- dang: Bung Hatta University Press.

Hendrizal. 2017. Sisi Filosofis Ilmu Pendidikan. Padang: Bung Hatta University Press.

Hendrizal. 2018. Mengulas Masalah Pendidikan. Padang: LPPM Uni- versitas Bung Hatta.

Hendrizal. 2019. Mengupas Problema Kependidikan. Padang: LPPM Universitas Bung Hatta.

Mudyahardjo, Redja. 2006. Filsafat Ilmu Pendidikan. Bandung: Re- maja Rosdakarya.

Muslich, Masnur. 2011. Pendidikan Ka- rakter: Menjawab T antangan Krisis Multidimensional. Jakarta: Bumi Aksara.

Pidarta, Made. 1997. Landasan Kepen- didikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Prayitno. 1984. “Gatra dalam Pendidi- kan dan Bimbingan.” Pidato Il- miah pada Kegiatan Dies Natalis ke-XXX, 31 Agustus 1984. Pa- dang: IKIP Padang.

Prayitno. 2012. Pendidikan: Dasar Te- ori dan Praksis. Padang: UNP Press.

Purwanto, Ngalim. 2007. Ilmu Pendidi- kan Teoritis dan Praktis. Ban- dung: Remaja Rosdakarya.

Suhartono, Suparlan. 2004. Dasar- dasar Filsafat. Yogyakarta: Ar- Ruzz.

Suriasomantri, Jujun S. 1996. Filsafat Ilmu, Sebuah Pengantar Populer. Jakarta: Pustaka Sinar Harapan.

Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasio- nal.

W attimena, Reza. 2008. Filsafat dan Sains: Sebuah Pengantar. Jakar- ta: Grasindo.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.