KEBIJAKAN PENGEMBANGAN KAWASAN WISATA PULAU-PULAU KECIL DI KOTA PARIAMAN

DESY ARYANTI, NASRIL NASRIL

Abstract


Kebijakan pengembangan kawasan pulau-pulau kecil di Indonesia sudah menjadi tun- tutan bangsa Indonesia sebagai bentuk rencana pemanfaatan sumberdaya pesisir, laut dan pulau-pulau kecil secara berkelanjutan mengingat sumberdaya yang beragam yang dimiliki oleh bangsa Indonesia ini cenderung mengalami penurunan. Keanekaragaman hayati di wilayah pesisir dan laut terutama di pulau-pulau kecil yang ada di Kota Pariaman meliputi keanekaragaman genetik, spesies dan ekosistem. Keanekaragaman hayati dan nilai, manfaatnya baik secara ekonomis, sosial, budaya dan estetika perlu perhatian serius agar strategi pengelolaan keanekaragaman hayati pesisir dan laut sesuai dengan prinsip-prinsip pembangunan berkelanjutan. Pulau-pulau kecil di Kota Pariaman terdiri dari 4 (empat) pulau yakni: Pulau Angso, Pulau Kasiak, Pulau Tangah dan Pulau Ujung. Wilayah gugusan pulau-pulau tersebut secara ekonomis mempunyai potensi yang kaya akan lahan yang relatif luas, sumberdaya laut dan pariwisata. Jika berhasil dikembangkan secara optimal dan berkelanjutan, pulau-pulau kecil ini bukan saja akan menjadi sumber pertumbuhan ekonomi baru, melainkan sekaligus akan mengurangi kesenjangan pembangunan antarmasyarakat nelayan dan non nelayan di Kota Pariaman.


Keywords


keanekaragaman, pulau-pulau kecil, kebijakan, pengembangan wisata.

Full Text:

PDF

References


Aryanti, Desy. 2015. Laporan Akhir Masterplan Pulau Angso Duo, Pulau Tangah, dan Pulau Ujung, Kota Pariaman. Padang: PT. Inasa Sakha Kirana.

Damanik, J. dan Weber, H.F. 2006.

Perencanaan Ekowisata: dari T eori ke Aplikasi. Y ogyakarta: Andi Offset.

Drumm, A. dan Moore, A. 2002. Ec- otourism Development: an Intro- duction to Ecotourism Planning. Arlington, Virginia, USA: The Nature Conservancy.

Fandeli, Chafid (Ed.). 2001. Dasar- dasar Manajemen Kepariwisata- an Alam. Yogyakarta: Liberty.

Keputusan Menteri Kelautan dan Pe- rikanan Nomor 41 Tahun 2000 tentang Pedoman Umum Penge- lolaan Pulau-pulau Kecil yangBerkelanjutan dan Berbasis Ma-

syarakat.

Lindberg, K. dan Hawkins, D.E. 1995.

Ekowisata: Petunjuk untuk Pe- rencanaan dan Pengelolaan. Ja- karta: Yayasan Alami Mitra Indonesia.

Peraturan Menteri Kebudayaan dan Pariwisata Nomor 67 Tahun 2004 tentang Pedoman Umum Pe-ngembangan Pariwisata di Pulau-

pulau Kecil.

Yoeti, A. Oka. 2000. Ekowisata: Pari-

wisata Berwawasan Lingkungan

Hidup. Jakarta: Pete Pertja.

Yoeti, A. Oka. 2008. Perencanaan dan Pengembangan Pariwisata. Ja-

karta: Pradnya Paramita.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.