PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TYPE JIGSAW UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATA KULIAH PENDIDIKAN IPS DI PRODI PPKN FKIP UR.

Supentri ', Jumili Arianto

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan, mengetahui dan mendeskripsikan hasil belajar Pengantar IPS di Prodi PPKn dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipejigsa. Subjek penelitian adalah mahasiswa semester I yang berjumlah 36 orang. Pelaksanaan proses perbaikan pembelajaran ini di laksanakan sebanyak dua siklus yang di nilai oleh observer. Sedangkan jenis data dan teknik pengumpulan data sebagai berikut: data aktivitas dosen dan mahasiswa di kumpulkan melalui lembaran observasi, data hasil belajar di peroleh melalui post test. Setelah data terkumpul, selanjutnya dikelompokkan, baru dianalisa berdasarkan metode deskriptif dimana data diperoleh dan diberi penjelasan yang diperlukan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dapat meningkatkan hasil belajar Pendidikan IPS di Prodi PPKn FKIP Universitas Riau.Kata

Kunci: Model Pembelajaran Jigsaw, Pendidikan IPS


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.