PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERTUKAR PASANGAN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR HUKUM PERDATA DI PRODI PPKn FKIP UNRI
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk untuk meningkatkan, mengetahui dan mendeskripsikan hasil
belajar Hukum Perdata di Prodi PPKn dengan menggunakan model pembelajaran
Bertukar Pasangan. Subjek penelitian adalah mahasiswa semester IV yang berjumlah 35
orang. Pelaksanaan proses perbaikan pembelajaran ini di laksanakan sebanyak dua siklus
yang di nilai oleh seorang observer. Sedangkan jenis data dan teknik pengumpulan data
sebagai berikut ; data aktivitas dosen dan mahasiswa di kumpulkan melalui lembar
observasi, data hasil belajar di peroleh melalui post test. Setelah data terkumpul,
selanjutnya dikelompokkan, baru dianalisa berdasarkan metode deskriptif dimana data
diperoleh dan diberi penjelasan yang diperlukan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa
penerapan model pembelajaran bertukar pasangan dapat meningkatkan hasil belajar
Hukum Perdata di Prodi PPKn FKIP UNRI.
belajar Hukum Perdata di Prodi PPKn dengan menggunakan model pembelajaran
Bertukar Pasangan. Subjek penelitian adalah mahasiswa semester IV yang berjumlah 35
orang. Pelaksanaan proses perbaikan pembelajaran ini di laksanakan sebanyak dua siklus
yang di nilai oleh seorang observer. Sedangkan jenis data dan teknik pengumpulan data
sebagai berikut ; data aktivitas dosen dan mahasiswa di kumpulkan melalui lembar
observasi, data hasil belajar di peroleh melalui post test. Setelah data terkumpul,
selanjutnya dikelompokkan, baru dianalisa berdasarkan metode deskriptif dimana data
diperoleh dan diberi penjelasan yang diperlukan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa
penerapan model pembelajaran bertukar pasangan dapat meningkatkan hasil belajar
Hukum Perdata di Prodi PPKn FKIP UNRI.
Keywords
Bertukar Pasangan, Hasil Belajar
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.