IMPLEMENTASI PENDIDIKAN MULTIKULTURAL DALAM PEMBELAJARAN SOSIOLOGI SMA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis relevansi kebutuhan pendidikan multi-kultural berdasarkan KTSP dalam pembelajaran Sosiologi terhadap siswa di SMA Negeri 3 Klaten, Provinsi Jawa Tengah, tahun ajaran 2011/2012. Pendekatan penelitian dari studi ini adalah penelitian deskriptif-kualitatif. Data dikumpulkan melalui tiga teknik, yakni wawancara, observasi, dan studi dokumentasi, dengan melibatkan guru dan peserta didik. Metode pemeriksaan kriteria keabsahan datanya adalah: (1) validitas internal atau kredibilitas, (2) transferabilitas atau validasi eksternal, (3) dependabilitas atau realibilitas, (4) konfirmabilitas atau objektivitas. Untuk mencapai tingkat kredibilitas data, langkah-langkah yang diikuti adalah triangulasi, member check, penggunaan bahan referensi, dan peer debriefing. Analisis data yang digunakan adalah analisis data kualitatif meliputi tiga alur kegiatan yang terjadi secara bersamaan, yaitu reduksi data, data display, dan penarikan kesimpulan/verifikasi.
Keywords
pendidikan multikultural, pembelajaran sosiologi.
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.