KEBERHASILAN SEKOLAH ADIWIYATA SMP NEGERI 2 DI TINGKAT PROVINSI DAN MENUJU SEKOLAH ADIWIYATA TINGAT NASIONAL

Putri Insani

Abstract


Penelitian di lakukan dengan pendekatan kualitatif dikarenakan penelitian ini ingin mengungkap secara komprehensif tentang Sekolah Adiwiyata di SMPN 2 Pujud. Penelitian kualitatif adalah pendekatan penelitian yang bertujuan untuk menggambarkan dan menganalisis suatu objek yang alami.

Tujuan penelitian ini adalah:1)Untuk mengetaui bagaimana carannya SMPN 2 Pujud bisa lolos Adiwiyata Tingkat Kabupaten. 2) Untuk mengetahui bagaimana caranya SMPN 2 Pujud bisa lolos Adiwiyata tingkat Provinsi. 3) Untuk mengetahui Persiapan apa saja yang dilakukan SMPN 2 Pujud dalam Menuju Sekolah Adiwiyata Tingkat Nasional

Aspek yang diukur dalam menilai keberhasilan tindakan adalah Penilaian Adiwiyata Tingkat Kabupaten minimal memperoleh nilai 56,namun Tim penilan Kabupaten menetapkan penerimaan penghargaan Tingkat Adiwiyata Kabupaten apa bila memperoleh nilai minimal 56, namun SMPN 2 Pujud, berdasarkan SK Bupati Rokan Hilir No 497 tahun 2016 memperoleh nilai 65 dan sudah melebihi KKM. Untuk itu SMPN 2 Pujud layak untuk melanjutkan Tingkat Provinsi.

Penilaian Tingkat Provinsi Minimal memperoleh Nilai 65, namun Berdasarkan SK Gubernur Riau No.Kpts.577/VII/2017 tanggal 17 Juli 2017 maka SMP N 2 Pujud memperoleh nilai 72,5 dan sudah melewati KKM untuk bisa ikut Adiwiyata Tingkat Nasional. Untuk penilaian Tingkat Nasional  memperoleh nilai minimal 72, dari hasil yang diperoleh tingkat Provinsi SMPN 2 sudah mendapat stantas kelulusan Tingkat Nasional.Mudah-mudahan SMP N 2 Pujud bisa mempertahankan nilai tersebut dan kalu bisa melebihi nilai dari 72, dan  menjadi Adiwiata Tingkat Nasional, Amin. Penilian Adiwiyata Tingkat Nasional diperkirakan bulan 7 atau 8 akan dilaksanakan mudah-mudahan berhasil.

Full Text:

PDF

References


Elha Santoso, Kamus Praktis Moderen Bahasa Indonesia, h.371, Pustaka Surabaya.

Prof. Dr.H.Mukhtar,M.Pd dan Dr. Iskandar,M.Pd, Orentasi Baru Supervisi Pendidikan, Referensi,h.186

Peraturan Mentri Negara Lingkungan Hidup NO 02 Tahun 2009, Tentang Pedoman Pelaksanaan Program Adiwiyata

htt:www//mengerjakantugas,blogspot.comPengertian Adiwiyata.

htt:www//Rocketmanajemen.com,Pengertian.

http./www.blhmuaraenim.coom/2018/19/peraturan mentri No o2 tahun 2009

Lampiran II Peraturan Menteri Negara Lingkungan Hidup Nomor : 02 Tahun 2009 Tanggal : 16 Maret 2009


Refbacks

  • There are currently no refbacks.