PENGGUNAAN MEDIA TEKA TEKI SILANG DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IX.4 PADA PEMBELAJARAN IPS DI SMPN 1 MEMPURA KECAMATAN MEMPURA KABUPATEN SIAK TAHUN AJARAN 2015/2016

Santi Pradila Sandi

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk Mengetahui Peningkatan  Hasil Belajar IPS Melalui Penggunaan  Media Teka Teki Silang  Siswa Kelas IX.4 SMPN Negeri 1 Mempura Kec. Mempura Tahun Ajaran 2015/2016. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan hipotesis tindakannya adalah dengan penggunaan pembelajaran kooperatif dengan strategi crossword puzzl pada mata pelajaran IPS dapat meningkatkan aktivitas guru, aktivits siswa dan hasil belajar siswa kelas IX.4 Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Mempura Kecamatan Mempura Kabupaten Siak tahun pelajaran 2015 – 2016. Data dikumpulkan melalui lembaran observasi yang di gunakan untuk melihat perubahan aktivitas belajar siswa, aktivitas guru dan hasil belajar siswa dengan menggunakan pembelajaran kooperatif dengan strategi crossword puzzl pada mata pelajaran IPS dari siklus I ke siklus II.  Hasil penelitian ini menunjukkan hasil belajar siswa, aktivitas belajar siswa dan aktivitas guru mengalami peningkatan sejak siklus I, peningkatan ini berlanjut pada siklus II dan pada siklus III mengalami peningkatan yang sangat signifikan.

Keywords


Penggunaan pembelajaran, kooperatif, teka teki silang, hasil belajar

Full Text:

PDF

References


Arsyad, Azhar. (2011). Media Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Ahmad Rohani,. 2005. Pengelolaan Pengajaran, Jakarta:Rineka Cipta.

Ahmad Susanto, Teori Belajar Dan Pembelajaran Di Sekolah Dasar,(Jakarta: Kencana Prenada Media Group,2013).

Arnie Fajar. 2005. Portofolio Dalam Pembelajaran IPS.Bandung : PT Remaja Rosdakarya

Ibrahim,et.al, kurikulum dan pembelajaran,(Jakarta: PT Rajagrafindo Persada,2011).

Daryanto. 2011. Media Pembelajaran. 2002. Jakarta: Ciputat Pers.

Dimyati dan Mujiono, Mengajar dan Pembelaaran, (Jakarta: Rineka Cipta, 2009),

E.Mulyasa, Kurikulum Berbasis Kompetensi, Konsep Karakteristik dan implementasi, (Bandung:Remaja Rosdakarya, 2003).

Gimin. 2008. Instrumen dan Pelaporan Hasil Penelitian Tindakan Kelas. Pekanbaru. Makalah Penelitian

Hisyam Zaini, dkk, Strategi Pembelajaran Aktif, (Yogyakarta: Insan Madani, 2008)

Tim Penyusun Kamus Pusat Pembinaan dan Pengembangan Bahasa, ( Balai Pustaka, 2004).

Khalilullah. 2013. Media Pembelajaran Bahasa Arab. Yogyakarta:Aswaja Pressindo.

Ramayulis, Metodologi Pendidikan Agama Islam,(Jakarta: Kalam Mulia, 2005),.

Ross, E. Wayne (ed). 2006. The Social Studies Curriculum. New York: State University of New York Press, Albany.

Muhammad Numan Somantri,. 2001. Menggagas Pembaharuan Pendidikan IPS, Remaja Rosda Karya, Bandung.

Nana Sudjana, Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar, (Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2009).

Sagala, S. (2007). Konsep dan Makna Pembelajaran, Bandung: Alfabet

S. Nasution, 2007. Azaz-azas Mengajar, (Bandung: Jemnas, tt)

Syaiful Bahri Djamarah, Aswan Zaini, Strategi Belajar Mengajar, (Jakarta: Rineka Cipta,2004).

Sardiman, A. M. (2009). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar, Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Sardiman, A. M. (2003). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT. Raja Grafindo persada.

Sardiman, A. M. (2004). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT. Raja Grafindo persada.

Sanjaya, Wina. (2009). Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: Kencana Media group.

Sanjaya, Wina. (2007). Model Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta : Kencana Prenasa Media.

Sapriya, dkk. (2007). Konsep Dasar IPS. Bandung: Laboratorium Pendidikan Kewarganegaraan Universitas Pendidikan Indonesia.

Sapriya. (2008). Pendidikan IPS. Bandung: Laboratorium Pendidikan Kewarganegaraan Universitas Pendidikan Indonesia Press.

Susanto, Ahmad. 2014. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Supardi. 2011. Tim Pengembang Pembelajaran IPS Direktorat Pendidikan Sekolah Menengah Pertama Kemendikbud. Bandung : Remaja Rosdakarya

Wina Sanjaya. 2005. Pembelajaran Dalam Implementasi Kurikulum Berbasis Kompetensi. Jakarta: Kencana.

Soeparno, Media Pengajaran Bahasa, (Jakarta: Intan Perwira, 2008)


Refbacks

  • There are currently no refbacks.