URGENSI PENERAPAN PENDEKATAN KONSTRUKTIVISME PADA PEMBELAJARAN PKn SD UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA

AISYAH ANGGRAENI

Abstract


Tulisan ini bermaksud mengulas urgensi penerapan pendekatan konstruktivisme pada
pembelajaran PKn SD untuk meningkatkan minat belajar siswa. Hal ini dengan tujuan
memberi wawasan kepada warga bangsa (khususnya yang berkiprah di dunia
pendidikan dalam pembelajaran PKn SD) untuk: memahami hakikat pendekatan
konstruktivisme; memahami tahapan implementasi pendekatan konstruktivisme dalam
pembelajaran PKn SD; dan mengetahui peluang implementasi pendekatan
konstruktivisme pada pembelajaran PKn SD dalam meningkatkan minat belajar siswa.
Pada tataran praksis, selanjutnya, diharapkan insan pendidikan dapat menerapkan
pengetahuan yang diperoleh sebagai acuan pendidikan dan pedoman dalam melakukan
kegiatan pembelajaran PKn SD. Disarankan kepada insan pendidikan untuk pentingnya
menyadari bahwa pendekatan konstruktivisme dapat dijadikan salah satu alternatif
variasi dalam pelaksanaan pembelajaran PKn. Sebab, pendekatan konstruktivisme
tersebut bisa diharapkan membuka peluang meningkatkan minat dan sekaligus hasil
belajar siswa.


Keywords


konstruktivisme, pembelajaran PKn, SD, minat belajar

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.