COMPARATIVE PERILAKU KONSUMEN DALAM PERSPEKTIF EKONOMI KONVENSIONAL DAN SYARIAH

DESMAL FAJRI

Abstract


Perilaku konsumen merupakan tindakan-tindakan seseorang dalam memilih, mendapatkan
dan menggunakan barang dan jasa yang dipengaruhi oleh pikiran, pengalaman
dan lingkungan. Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana perilaku
konsumen dalam perspektif ekonomi konvensional dan syariah. Tujuan penelitian untuk
menganalisis perilaku konsumen dalam perspektif ekonomi konvensional dan syariah.
Terkait metode penelitian, jenis penelitian ini adalah penelitian kepustakaan (library
research) dan analisis data dengan comparative analisis. Kesimpulannya bahwa
landasan filosofis ekonomi konvensional memandang kehidupan dunia adalah hak
mutlak bagi manusia sehingga pemahaman ini menyebabkan manusia lebih
mengutamakan sisi akalnya dalam menggunakan sumber daya yang ada sehingga
mengabaikan sisi akhlaknya. Sedangkan dalam ekonomi syariah, dunia adalah ladang
amal bagi manusia untuk kehidupan akhirat, maka manusia harus selalu berbuat
kebaikan dan menghindari kerusakan. Prinsip ekonomi konvensional adalah kebebasan,
kepentingan diri sendiri dan materialisme, sedangkan prinsip ekonomi syariah adalah
keadilan, kebersihan, kesederhanaan, kemurahan dan moralitas.


Keywords


comparative, perilaku konsumen, konvensional, syariah

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.