PENERAPAN KARAKTER TANGGUNG JAWAB UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PPKn SISWA KELAS X SMK N 1 BUKITTINGGI

AQIMIS SHOLAH, PEBRIYENNI PEBRIYENNI

Abstract


Kurangnya sikap bertanggung jawab siswa menyebabkan banyak siswa yang hasil be- lajarnya rendah. Salah satu upaya untuk meningkatkan sikap tanggung jawab siswa adalah dengan menerapkan karakter tanggung jawab. Tanggung jawab individu berarti seorang yang berani berbuat, berani bertanggung jawab tentang segala resiko dari perbuatannya yang meliputi: menyelesaikan semua tugas dan latihan yang menjadi tanggung jawabnya, menjalankan instruksi sebaik-baiknya selama proses pembelajaran berlangsung, dapat mengatur waktu yang telah ditetapkan, serius dalam mengerjakan sesuatu, fokus dan konsisten, tidak mencontek, rajin dan tekun selama proses pem- belajaran berlangsung. Penelitian ini bertujuan untuk penerapan hasil karakter tanggung jawab untuk meningkatkan hasil belajar PPKn siswa kelas X SMK Negeri 1 Bukit- tinggi. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 53 orang peserta didik. Teknik pengumpulan data yang digunakan peneliti adalah teknik tidak langsung dengan alat pengumpul data berupa quesioner dan teknik komunikasi langsung dengan alat pengumpul data berupa pedoman wawancara. Hasil analisis data menunjukkan bahwa terdapat pengaruh penerapan karakter tanggung jawab untuk meningkatkan hasil belajar siswa.


Keywords


karakter, sikap, tanggung jawab, hasil belajar PPKn.

Full Text:

PDF

References


Ananda, Azwar. 2012. Pendidikan Ke- warganegaraan (PKn), Pendidi- kan Karakter Bangsa dan Stra- tegi Pembelajaran Nilai. Padang: UNP Press.

Hasan, S.H. 2010. “Pengembangan Pen- didikan Budaya dan Karakter Bangsa.” Materi Disajikan seba- gai Bahan Pelatihan Penguatan Metodologi Pembelajaran Berda- sarkan Nilai-nilai Budaya untuk Membentuk Daya Saing dan Ka- rakter Bangsa. Jakarta: Badan Pe- nelitian dan Pengembangan Ke- mendiknas.

Hasanah. 2009. “Standar-standar Batin yang Terimplementasi dalam Ber- bagai Bentuk Kualitas Diri.Hidayatullah, M. Furqon. 2010. Pen- didikan Karakter: Membangun Peradaban Bangsa. Surakarta: Yuma Pustaka.

Listyarti, Retno. 2012. Pendidikan Ka- rakter dalam Metode Aktif, Ino- vatif dan Kreatif. Jakarta: Esensi, Divisi Penerbit Erlangga.

Rahayu. 2016. “Tanggung Jawab Ada- lah Sikap dan Perilaku Seseorang untuk Melaksanakan Tugas dan Kewajibannya, yang Seharusnya Dilakukan terhadap Diri Sendiri, Masyarakat, Lingkungan (Alam, Sosial dan Budaya), Negara dan Tuhan Yang Maha Esa.”

Samani, Muchlas dan Hariyanto. 2011.

Konsep dan Model Pendidikan Karakter. Bandung: Remaja Ros- dakarya.

Sudjana. 2009. “Kemampuan yang Di- miliki Siswa setelah Siswa terse- but Menerima Pengalaman Bela- jar.”Syamsul. 2013. Pendidikan Karakter: Konsepsi dan Implementasi se- cara Terpadu di Lingkungan Ke- luarga, Sekolah, Perguruan Ting- gi, dan Masyarakat. Y ogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Un. 2011. “Hasil Belajar Adalah Per- nyataan yang Menunjukkan ten- tang Apa yang Mungkin Dikerja- kan Siswa sebagai Hasil dari Ke- giatan Belajar.”

Widodo, Lusi Widayanti. 2012. “Pe- ningkatan Aktivitas Belajar dan Hasil Belajar Siswa dengan Me- tode Problem Based Learning pada Siswa Kelas VII.a MTs Negeri Donomulyo Kulon Progo Tahun Pelajaran 2012/2013.” Vo- lume XVII Nomor 49 2012.

Y aumi. 2014. Pendidikan Karakter: Landasan Pilar, dan Implemen- tasi. Jakarta: Kencana Prenada Media Grup.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.