PENGARUH KONSEP DIRI, LINGKUNGAN KELUARGA DAN PENDIDIKAN ORANGTUA TERHADAP DISIPLIN SISWA SMP NEGERI DI KECAMATAN NANGGALO KOTA PADANG

DARWIANIS DARWIANIS, MUHAMMAD NURSI

Abstract


Penelitian ini pada dasarnya berlatar belakang kekhawatiran dan keprihatinan peneliti terhadap berbagai fenomena negatif seputar sikap dan perilaku siswa, khususnya me- ngenai disiplin siswa tingkat SMP, sehingga mencemaskan kalangan orangtua termasuk peneliti. Kekhawatiran terhadap kedisiplinan siswa SMP tersebut merupakan salah satu ekses/dampak negatif dari demikian menguat dan meluasnya pengaruh kemajuan dan gaya hidup di zaman kecanggihan teknologi komunikasi dan informasi saat ini. Pene- litian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, dengan sampel 110 orang siswa SMP dan dengan teknik proportional random sampling. Pengolahan datanya menggunakan teknik uji t melalui bantuan SPSS versi 20. Dari analisis data disimpulkan: (1) terdapat pengaruh yang signifikan konsep diri (self concept) terhadap disiplin siswa, (2) terdapat pengaruh signifikan lingkungan keluarga terhadap disiplin siswa, (3) terdapat pengaruh sigifikan pendidikan orangtua terhadap disiplin siswa.


Keywords


konsep diri, lingkungan keluarga, pendidikan orangtua, disiplin siswa.

Full Text:

PDF

References


Adisusilo, Sutarjo. 2012. Pembelajaran Nilai-Karakter Konstruktivisme dan VCT sebagai Inovasi Pembe- lajaran Efektif. Jakarta: RajaGra- findo Persada.

Arikunto, Suharsimi, dkk. 2008. Pene- litian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.

Fajar, Riyan. 2009. “Nilai Sosial dan Norma Sosial.” Tersedia di http://sosio- logipendidikan.blogspot.com/200 9/08/nilai-dan-norma-sosial.html. Diakses 5 Januari 2013.

Hurlock, Elizabeth B. 1994. Psikologi Perkembangan: Suatu Pendeka- tan Sepanjang Sejarah Kehidu- pan. Jakarta: Erlangga.

Kunandar. 2007. Guru Profesional (Im- plementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) dan Sukses dalam Sertifikasi Guru. Jakarta: RajaGrafindo Persada.

Salim, Agus. 2001. Teori dan Paradig- ma Penelitian Sosial. Yogyakar- ta: Tiara Wacana.

Salladien. 1977. Konsep-konsep Pene- litian Pendidikan: Tahapan Ana- lisis Korelasional. Malang: IKIP Malang.

Santrock, John W . 2007. Psikologi Pen- didikan. Jakarta: Kencana Pre- nada.

Slameto. 1995. Belajar dan Faktor- faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Triguno. 2003. Psikologi Sosial. Edisi Revisi. Malang: UMM Press.

Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasio- nal.

Zuriah, Nurul. 2007. Pendidikan Moral dan Budi Pekerti dalam Per- spektif Perubahan. Jakarta: Bumi Aksara.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.